Jenis Bahan Topi | Panduan Memilih Bahan Topi Custom

Jenis Bahan Topi | Panduan Memilih Bahan Topi – By: Gagoo Konveksi Topi

Hai Mas/mbak Guidoo! (Guidoo : Sebutan untuk para pelanggan setia GAGOO) , selamat datang dan senang bisa kembali bertemu diartikel Gagoo.

Oke, langsung saja kali ini kita akan bahas tentang jenis-jenis bahan topi yang umumnya tersedia dipasaran. Mungkin mas & mbak guidoo suka mendengar jenis-jenis bahan ini karena jenis-jenis bahan ini juga kadang bisa dipakai untuk material bahan lainnya loh seperti baju,kemeja, seragam, bahkan sarung jok hehehe 😀

Yuk, tanpa bas-bis-bus lagi kita bahas satu-satu mengenai bahan itu , apa kelebihan dan kekurangannya supaya mas/mbak Guidoo ga salah pilih jenis bahan.

1. Bahan Drill
Bahan drill? Ya mungkin rekan-rekan Guidoo sudah pernah mendengar bahan jenis ini, bahan drill umumnya juga sering digunakan sebagai bahan pada kemeja khususnya kemeja seragam. Nah, Sekilas pasti ada bayangan dong?? Kalo masih belum ada bayangan gapapa mungkin rekan-rekan tipikal yang tidak suka berimajinasi hehe .

Kelebihan bahan drill :
bahan drill memiliki banyak variasi warna , sangat cocok apabila identitas perusahaan atau organisasi kamu identik dengan warna-warna unik / muda yang umumnya warna tersebut tidak tersedia di bahan selain drill.

Kelebihan selanjutnya adalah bahan drill memiliki harga yang jauh lebih murah dan tentunya bisa lebih ekonomis karena perbedaan harganya agak lebih jauh. Sehingga bahan drill cocok digunakan untuk topi low budget 🙂

Kekurangan bahan drill:
Bahan drill sifatnya kain yg agak tipis sehingga mengurangi kesan premium pada topi kamu, selain itu bentuk topi akan terlihat kurang kokoh jika kamu memilih jenis ini. Tapi kembali lagi sesuai peruntukaan kebutuhan kamu, artinya bahan drill itu tidak jelek dan umumnya banyak perusahaan/organisasi yang menggunakan bahan jenis ini karena terkesan lebih formal.

topi konveksi

2. Bahan Raphel

Bahan raphel? Saya pernah denger ada yang menyebut rafel, Bedanya apa ya sama bahan rafel yang mana yang bener? atau rapel? (gaji kali ah dirapel hehehe)

Jenis Bahan Raphel merupakan jenis bahan topi yang umum digunakan untuk acara yang sifatnya non-formal tapi tetap terlihat resmi. Lah gimana maksudnya? hehe

Oke jadi begini, bahan raphel sendiri merupakan bahan yang paling banyak digunakan karena cocok untuk disegala kondisi, sifat bahannya yang agak bertexture timbul dan tebal membuat topi dengan bahan ini terlihat lebih kokoh dan modern.

Kelebihan bahan Raphel / Rafel:
Bahan raphel bersifat tebal dan betexture dengan serat yang tidak terlalu banyak sehingga membuat bahan ini lebih lembut ketika dipegang. Texture pada bahan membuat topi menjadi terlihat lebih modern dan keren. Bahan raphel cocok digunakan disegala kondisi untuk formal perusahaan atau untuk keperluan topi distro / fashion. Kelebihan lainnya karena sifat bahannya yang tebal, umumnya hasil bordir terlihat lebih rapi pada bahan ini

Kekurangan bahan raphel / Rafel:
Kekurangan terbesar pada bahan rafel adalah bahan ini tidak memiliki banyak variasi warna dan hanya tersedia untuk warna-warna baku atau solid , sehingga dapat disimpulkan kalau warna nya terbatas tidak sebanyak varian pada bahan drill, kemudian kekurangan lainnya bagi sebagian pihak dari generasi lampau (atau sudah tidak muda hehe) terkadang melihat topi ini kurang formal dan terkesan seperti topi anak muda ,tapi hanya sebagian pendapat yang mengatakan demikian.

bahan topi jenis topi

3. Bahan Kanvas

Kanvas? Yang buat lukis itu? hehehe . Oke selanjutnya yuk kita bahas tentang bahan kanvas.  Oke, bahan kanvas ini lebih sering di gunakan untuk pembutan jaket atau kemeja, bahkan tas. Apa kamu pernah lihat totebag? Tote bag yang kualitas bagus biasanya menggunakan bahan kanvas dan harganya juga lebih mahal.  Oke sekarang untuk topi, bahan kanvas sebenarnya jarang digunakaan dan kurang peminatnya karena harga dengan bahan kanvas sama dengan harga bahan raphel jadi tinggal tergantung selera buyer nya aja hehe,

Kelebihan bahan kanvas:
Bahan kanvas memiliki ketebalan yang lebih tebal sedikit dari drill namun agak lebih tipis dari raphel karena bahan ini agak netral ada diantara drill dan raphel. Ya dibilang bahasa konyolnya bahan kanvas seperti bencong (cewe bukan, laku juga bukan) hehehe , Tapi kembali ini tergantung selera, karena juga ada sebagian orang yang fanatik suka dengan bahan ini. 

Kekurangan bahan kanvas:
Kekurangan terbesar pada bahan kanvas adalah bahan ini agak bertexture berbulu-bulu tipis, sehingga membuat debu atau kotoran-kotoran kecil mudah menempel dibahan ini. kemudian kekurangan lainnya adalah bahan kanvas tidak memiliki banyak variasi warna dan hanya tersedia untuk warna-warna baku atau solid , sehingga dapat disimpulkan kalau warna nya terbatas tidak sebanyak varian pada bahan drill. Serta harganya yang lebih mahal dari bahan dril dianggap juga sebagai salah satu kekurangannya.

Oke, sudah tiba saatnya kita berpisah dipenghujung artikel hehe, Berikut diatas sedikit penjelasan tentang beberapa Jenis bahan topi yang perlu kamu ketahui sebagai paduan dalam memilih topi. Sebenarnya masih ada beberapa jenis bahan lagi seperti bahan twill, dll yang akan dibahas diartikel selanjutnya ya 🙂

Anda ingin membuat Topi Custom untuk keperluan Promo, Event atau lain-lain ?
Anda dapat menggunakan jasa Kami Gagoo Konveksi Topi.

Kami menerima pemesanan dengan jumlah(qty) kecil atau dalam jumlah besar.


2 Comments

  • Kalau saya hanya membuat 16buah topi wrn hitam bahan raphel yg bordiran logo depan, mungkin tambah bordir samping kanan dan kiri, apakah bisa diterima ? Kalau bisa hrgnya brp / topi ? Kebutuhannya tgl 28 Mei.

    • Halo, untuk topi konveksi custom minimum 50pcs pak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.